Selasa, 24 Mei 2011

artikel interaksi manusia dengan lingkungannya


Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya
Manusia dan lingkungan hidupnya adalah dua hal yang saling bergantung satu sama lain. Ada kaitan erat di antara kedua sistem ini. Manusia adalah suatu sistem kompleks dari makhluk hidup yang terdiri dari sel-sel di dalam tubuhnya. untuk bertahan hidup (survival), Sedangkan lingkungan hidup merupakan suatu sistem besar dari kehidupan makhluk hidup dan di dalamnya termasuk manusia itu sendiri. Dengan singkat dikatakan bahwa manusia termasuk dalam sistem lingkungan hidup itu sendiri.
Kedua komponen kehidupan ini telah mengalami proses saling mempengaruhi satu sama lain sejak dahulu kala. Sejak manusia pertama kali menginjakkan kakinya ke muka bumi, maka sejak itu pula proses itu dimulai. Proses saling mempengaruhi ini dapat kita lihat pada beberapa kasus dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya yaitu manusia dalam kehidupannya meningkatkan pemakaian gas freon yang pada akhirnya menyebabkan rusaknya lapisan ozon, dan akibatnya selanjutnya adalah terjadinya perubahan intensitas sinar matahari yang sampai ke bumi. Ini menunjukkan bahwa proses saling mempengaruhi adalah suatu hal yang biasa terjadi dalam kehidupan manusia dengan lingkungannya.
Fisika lingkungan dalam konteks ini adalah fisika dari lingkungan fisik manusia (atau organisme pada umumnya), menyangkut kajian tentang aplikasi prinsip-prinsip fisika pada lingkungan fisik.  Untuk memberikan gambaran tentang  interaksi manusia dengan lingkungannya dalam ruang lingkup Fisika Lingkungan, pandanglah gambar di bawah ini. 
http://rollespalilingan.tripod.com/introd1.gif








Yang dimaksudkan dengan lingkungan fisik adalah: (1) Udara, (2) Tanah dan (3) Air. 
Untuk dapat melanjutkan kehidupan, maka manusia (organisme) harus berinteraksi dengan lingkungan fisiknya.  Dalam konteks interaksi inilah fisika lingkungan menjadi sangat penting.  Banyak prinsip-prinsip fisika yang harus dapat dipahami. Harus ada pengukuran-pengukuran dan analisis terhadap variabel-variabel fisik ketika manusia (organisme) berinteraksi dengan lingkungan fisiknya. Dalam kenyataannya manusia paling banyak berinteraksi langsung dengan lingkungan fisik udara. 



Udara adalah gas.  Sebagai gas maka hukum-hukum fisika tentang gas sangat berperan penting.  Sumber energi utama untuk semua proses fisik di permukaan adalah radiasi matahari. Dalam hal ini radiasi neto, tidak lain adalah merupakan energi yang tersedia untuk semua proses-proses fisik yang berlangsung di permukaan.  Proses-proses itu adalah: pemanasan udara, penguapan air, pemanasan permukaan (tanah), dan pemanfaatan energi oleh organisme melalui proses fisiologis.
Dalam konteks fisika lingkungan seperti yang dikemukakan di atas, maka konsep-konsep fisika dapat dijadikan sebagai dasar untuk aplikasi yang lebih spesifik dalam bidang-lain seperti biologi lingkungan.


i

1 komentar:


  1. LegendaQQ.Net

    Pilihan Terbaik Untuk Permainan Kartu Sang LEGENDARIS !!!
    Min Depo 20Rb !!!
    Kartu Para Sang LEGENDA !!!
    WinRate Tertinggi !!!


    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :

    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + live chat : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    BalasHapus